Jejak Cheng Ho di Klenteng Sam Poo Kong

11:47:00 AM

sam-poo-koong-18

#Destination – “Penjelajah selalu meninggalkan jejak dan kenangan bagi tempat-tempat yang pernah dikunjunginya”, Sam Po Kong merupakan salah satu sejarah Islam masa lalu dari negeri Tiongkok yang saya kunjungi. Masjid yang kini berubah menjadi sebuah Klenteng ini merupakan petilasan atau bekas persinggahan seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam yaitu Cheng Ho.

sam-poo-koong-28

sam-poo-koong-29

sam-poo-koong-20

Ini adalah pertama kalinya saya melakukan kunjungan di Klenteng yang terletak di kawasan Simongan Semarang. Bekas petilasan ini konon terdapat tanda berciri keislamanan dengan ditemukannya tulisan bonerbunyi "marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al Qur'an" menurut sumber yang saya dapat dari Wikipedia.

Namun ketika saya kesana, sebenarnya sedikit kecewa, sebagai seorang muslim berharap ada Masjid di wilayah tersebut untuk sholat Ashar waktu itu, akan tetapi kata beberapa petugas ternyata Masjid tersebut kini berubah menjadi Klenteng. Saat ini tempat tersebut dijadikan tempat peringatan atau bersembahyang serta ziarah bagi agama Kong Hucu yang mendominasi orang-orang China.

sam-poo-koong-26

sam-poo-koong-27

sam-poo-koong-19

sam-poo-koong-16

sam-poo-koong-3

sam-poo-koong-2


sam-poo-koong-6


sam-poo-koong-7

Meskipun Lksamana Cheng Ho adalah seorang muslim, tetapi oleh mereka di anggap dewa. Hal ini dapat dimaklumi mengingat agama Kong Hu Cu atau Tau menganggap orang yang sudah meninggal dapat memberikan pertolongan kepada mereka orang-orang Kong Hu Cu.

sam-poo-koong-24

sam-poo-koong-12

sam-poo-koong-4

sam-poo-koong-8

sam-poo-koong-23

sam-poo-koong-5

sam-poo-koong-10

sam-poo-koong-11

sam-poo-koong-13

sam-poo-koong-15

sam-poo-koong-17

sam-poo-koong-21

sam-poo-koong-22

sam-poo-koong-14

sam-poo-koong-25

sam-poo-koong-1

Beberapa spot menarik bisa saya dapatkan disini untuk mendapatkan pemandangan yang benar-benar seperti berada di China. Banyak juga para fotografer yang saya temui disana mengabadikan bangunan kuno tersebut. Jadi tidak ada salahnya kalau ke Klenteng Sam Po Kong hanya untuk tau sejarah peradaban Islam dari China. Bagaimanapun juga Klenteng ini merupakan bagian dari sejarah Islam yang ada di Indonesia. Yuk mari jalan-jalan :)

You Might Also Like

0 Komentar