Jalan-Jalan di Kampung Batik Kauman Solo

5:50:00 AM

kampung-batik-kauman-7

#Destination – “Kampung akan lebih punya nilai lebih ketika dijadikan kampung wisata”. Pagi pagi saya melangkahkan kaki ke sebuah perkampungan ditengah kota Solo yang dikenal kental akan budayanya, mulai dari kaum intelektual, bangsawan  dan raja-raja mataram. Salah satu budaya yang sangat melekat adalah Batik. Ya.. Kampung Batik Kauman, merupakan kawasan industri batik yang ada di Solo dan cukup terkenal setelah Kampung Batik Laweyan.

kampung-batik-kauman-9

kampung-batik-kauman-8

Kampung ini dahulu kala merupakan tempat yang terdiri dari berbagai macam lapisan masyarakat seperti ulama hingga abdi dalem. Kampung Batik Kauman menjadi daya tarik wisata sendiri karena keterkaitannya dengan sejarah Keraton.

Langkah saya pun semakin dalam dari Jalan Protokol Kota Solo yaitu Slamet Riyadi, menuju tengah kampung ini. Bangunan yang masih berbau kuno banyak yang berdiri tegak, saling berhimpitan namun bersih dan rapi seolah olah mempunyai ciri khas tersendiri.

kampung-batik-kauman-5

kampung-batik-kauman-6

Beragam bangunan bersejarah seperti adanya rumah tradisional. Ada joglo, limasan juga peninggalan rumah kolonial hingga bangunan yang merupakan  perpaduan arsitektektur Jawa dan Kolonial ada di sini. Saya sangat senang sekali bisa menghabiskan akhir pekan di kawasan kampung batik ternama Solo meskipun ini kota saya sendiri.

Menurut cerita orang-orang, Batik Kauman memang dulunya adalah tempat dimana kaum atau abdi dalem mendapatkan latihan secara khusus dari keraton untuk membuat batik. Batik-batik tersebut dengan motif yang khas dipakai oleh keluarga Keraton. Kini Kauman dijadikan kampung wisata batik di Solo sejak 2006 lalu.

kampung-batik-kauman-4

Saya pun masuk ke salah satu workshop batik, disini terdapat berbagai macam motif batik dengan nilai seni tinggi. Beberapa boleh di foto dan beberapa motif lagi memang tidak boleh di foto. Batik cap, batik tulis melengkapi keaneragaman batik di kampung ini.

kampung-batik-kauman-2

kampung-batik-kauman-3

Beberapa jenis batik yang dihasilkan dari warga Kampung Batik Kauman ini beragam bahannya, mulai dari sutera alam, katun premisima, katun hingga rayon. Batik batik tersebut kini di produksi oleh puluhan home industri batik yang berada di kampung tersebut baik pengusaha maupun pembatiknya. Jika teman-teman pembaca berkunjung kesini, bisa melihat proses pembuatan batik secara langsung juga lho. Bagaimana? Ayo ke Solo belanja Batik :)

You Might Also Like

5 Komentar

  1. Pingin bisa ke sini, trutama yg mampir ke salah perancang batik solo yg terkenal, tp aku lupa namanya

    ReplyDelete
  2. nah, bena pernah nih ke sini. waktu itu, dan nyobaik ngebatik di gunawan gunawan gitu, kayaknya kita satu tempat deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak batik gunawan memang terkenal di kauman

      Delete