Menyiapkan 'Your Stuff' Sebelum Travelling

12:53:00 PM

travelbag

#Random - "Setiap individu pastinya tidak lepas dari segala aktivitas maupun rutinitas yang melelahkan. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri adanya karena setiap individu memerlukan usaha untuk mempertahankan eksistensinya". Oleh karena itu, hal-hal yang diperlukan untuk memenuhi eksistensi tersebut diantaranya ialah dengan melakukan refreshing untuk mengembalikan kondisi mood yang terkadang menurun. Refreshing dapat dilakukan dengan bepergian ke berbagai tempat, misalnya ke luar negeri atau mengunjungi berbagai objek-objek wisata. Namun, bepergian tidak hanya memerlukan tenaga fisik maupun pikiran, bahkan seringkali kita melakukan perjalanan jauh maupun dekat menuju objek-objek wisata tersebut dengan membawa barang-barang atau perlengkapan travelling. Barang-barang seringkali kita perlukan ketika melakukan perjalanan maupun sesampai ditempat tujuan.
Berikut ini beberapa tips bagaimana mempersiapkan perlengkapan Travelling:

Buat checklist keperluan barang yang akan dibawa selama perjalanan atau ditempat tujuan.

  • Checklist sangat perlu dilakukan sebagai bentuk kontrol kita terhadap barang-barang yang akan kita bawa. Hal tersebut seharusnya dilakukan sebelum hari H bepergian agar kita lebih siap dalam mempersiapkan barang bawaan.
  • Checklist dapat dilakukan dengan cara menulis di secarik kertas kecil/buku atau mengetiknya ke handphone, atau dengan media lain yang memudahkan kita untuk mengingat dan mempersiapkannya.

Lakukan seleksi terhadap checklist yang kita buat.

Dalam melakukan checklist, tidak semua barang/benda yang kita tulis/ketik harus semuanya dibawa, Oleh karenanya, seleksi checklist tidak kalah penting dilakukan agar kita sedapat mungkin meminimalisir barang bawaan ketika bepergian. Hal tersebut perlu dilakukan agar barang bawaan kita tidak terlalu berat dan justru dikhawatirkan akan membuat kita kelelahan karena terlalu berat membawa beban. Oleh sebab itu, lakukan minimalisasi barang bawaan sebelum bepergian dan lakukan dengan selektif mungkin agar kita dapat menikmati perjalanan.

Siapkan barang-barang yang tertera dalam checklist untuk kemudian dimasukkan ke dalam tas/koper.

Sebelum bepergian, hendaknya barang/benda yang tertera dalam checklist sesegera mungkin kita persiapkan sebelum dimasukkan ke dalam tas/koper. Dalam mempersiapkannya, tidak ada salahnya kita cek kembali barang-barang tersebut agar tidak ada yang terlewatkan. Sehingga, jika kita tidak memiliki barang/benda yang kita perlukan sesuai dengan checklist, maka kita dapat mempersiapkannya dengan cara meminjam/membeli barang tersebut. Hal tersebut perlu dilakukan agar barang bawaan kita benar-benar well-prepared.

Masukkan barang bawaan ke dalam tas/koper.

Setelah persiapan barang bawaan lengkap, mulai masukkan barang bawaan ke dalam tas/koper. Namun, dalam tahap ini kita harus cukup cermat dan berhati-hati karena tidak semua barang bawaan kita jadikan tumpukan didalam tas. Berikut cara memasukkan barang bawaan ke dalam tas/koper:
  • Lakukan penggulungan terhadap pakaian (benda berbahan kain). Hal ini cukup efektif dilakukan untuk menghemat muatan tas/koper yang ukurannya tidak terlalu besar.
  • Pisahkan barang/alat untuk keperluan make-up, mandi, dan obat-obatan. Hal ini dapat dilakukan dengan memasukkannya ke dalam tas/pouch berukuran kecil sehingga mempermudah kita untuk mengambilnya. Jika membawa kamera,handycam, handphone, atau kaca mata, gunakan softcase terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam tas/koper. Hal ini akan membuat aman barang yang akan kita bawa.
  • Jangan lupa untuk membawa tas/plastik cadangan untuk keperluan sewaktu-waktu ketika kita memerlukannya, sebagai contoh untuk memisahkan pakaian kotor dengan pakaian bersih, sebagai wadah untuk menaruh sandal/sepatu, khususnya ketika kita hendak bepergian ke pantai.
  • Beri label/nama/identitas pada pakaian/barang-barang yang kita bawa. Hal tersebut tidak kalah penting dilakukan agar barang bawaan kita terjaga, terutama ketika bepergian bersamaan dengan orang banyak. Selain itu, setidaknya meminimalisir barang bawaan kita agar tidak tertukar/hilang.

Cek kembali tas/koper setelah memasukkan barang bawaan.

Setelah barang bawaan disiapkan dan dimasukkan ke dalam tas/koper, sebaiknya yang kita lakukan ialah mengecek kembali tas/koper apakah sudah tertutup dengan baik. Jangan sampai resleting tas/koper terbuka/terlalu kencang karena barang bawaan kita yang terlalu banyak. Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan barang bawaan tas/koper kita. Sehingga, perjalanan tidak akan terganggu karena terlalu beratnya barang bawaan atau tas/koper yang bedah karena isi terlalu penuh.

Demikian tips bagaimana mempersiapkan barang bawaan sebelum kita bepergian. Semoga bermanfaat😉 , tulisan ini terinspirasi dari istri saya yang selalu menyiapkan sesuatu sebelum travelling.

You Might Also Like

0 Komentar