Berkeliling di Gentala Arasy, Jembatan dan Menara Ikonik di Sungai Batanghari

6:38:00 PM


#Destination – Setelah menginap sehari di Kota Jambi, saya dan keluarga berencana berkeliling kota Jambi. Salah satu tempat wisata menarik yang saya kunjungi waktu itu adalah Gentala Arasy. Katanya sih jembatan ini masih terbilang baru, karena baru dibangun pertengahan 2012 yang lalu. Meskipun tergolong baru jembatan ini merupakan jembatan yang khusus dibangun untuk para pejalan kaki yang menghubungkan Jambi Kota Sebrang dengan Kota Jambi.


 

 

Setelah mermarkirkan mobil, saya pun bergegas untuk mengambil beberapa foto jembatan yang membentang melewati sungai Batanghari. Jembatan dengan panjang 530 meter dan kalau di lihat dari atas memiliki bentuk berkelom seperti huruf S ini sengaja dibangun sebagai icon baru kota Jambi. Dari atas jembatan saya bisa melihat hamparan sungai yang lebarnya lebih dari setengah kilometer. Beberapa perahu dan kapal kecil melintas di bawah jembatan ini. Tak lama kemudian saya dan keluarga menyewa perahu motor untuk berkeliling sungai Batanghari.




Dari bawah sungai saya bisa melihat secara keseluruhan Jembatan dan Menara Gentala Arasy yang saat ini menjadi icon Jambi. Menara Gentala Arasy juga menggambarkan mengenai sejarah penyebaran agama islam dimana dibawah menara tersebut terdapat museum, namun sayang, saya tidak bisa masuk ke museum tersebut karena belum buka. Katanya orang sekitar isinya merupakan museum yang menceritakan tentang sejarah perkembangan agama Islam di Jambi.







Karena saya kesana tidak di hari minggu, sekitaran jembatan dan menara ini suasana sepi, jadi lebih leluasa. Namun kalau hari minggu kata kakak saya sekitaran menara ini cukup ramai, apalagi dimalam hari. Sekitaran jembatan dan menara Gentala Arasy ini dijadikan sebagai pusat kuliner.

You Might Also Like

0 Komentar