Selat Mbak Lies, Idola Para Pengunjung yang Ke Kota Solo

12:00:00 AM


#Culinary-“Kalau ditanya, apa makanan khas kota Solo? Ya Jawabnya bisa Tengkleng, Selad, Nasi Liwet”. Nah salah satu yang paling terkenal adalah Selat Mbak Lies yang tentunya orang-orang luar kota yang khususnya berkunjung ke Solo Penasaran dengan Selad ini. Lalu apa sih Selad itu?

Selat atau Selad berasal dari bahasa belanda yaitu ‘Slatje’ karena orang jawa lidahnya ya ngomongnya jadi Selad. Jadi dulu ceritanya makanan ini adalah makanan orang western karena kita tau kan kalau Salad itu makanannya orang sana. Karena dulu warga pribumi khususnya para Keraton kurang cocok dengan Salad yang asli maka di modifikasi yang hasilnya seperti Selad Mbak Lies ini.

Siang itu setelah pulang dari Karanganyar saya dan kawan-kawan bingung mau main kemana? Akhirnya ada ide dari teman yang dari luar kota ini penasaran dengan Selad Mbak Lies. Tak lama kemudian bersama pak sopir saya minta untuk di antar ke alamat Gang II No 42 , Kelurahan Serengan, Kecamatan Serengan Solo.


Warungnya terletak di gang sempit yang hanya bisa di lewati satu mobil saja. Namun ketika berada disana pas rame pasti akan melihat mobil berjajar rapi di depan gang yang biasanya mereka adalah konsumen Selad Mbak Lies ini. Jadi kami memilih Selad Mbak Lies sebagai santap siang waktu itu.

Warung makan dengan interior dan hiasan yang unik ini buka setiap hari dari jam 8.30 sampai sebelum maghrib. Sesuai namanya, warung selat milik Ny Wulandari Kusmadyaningrum ini mengandalkan menu Selat Solo. Waktu itu kami 14 orang pesan beberapa macam menu salad, meskipun di warung ini juga menyediakan menu lain seperti gado-gado lontong, sup Matahari dan sup manten alias sup pengantin, timlo ayam , tahu acar, dan setup makaroni.


Untuk soal harga, menu disini bervariasi. Mulai harga 10K hingga 25K (untuk yg spesial)  juga ada, lebih baik liat daftar harga yang sudah saya foto saja. Disampung salad, kami juga merasakan beberapa minuman lain seperti Jus, Es Teler dan minuman lainnya yang bakal mencegah dahaga ketika disiang hari. Yuk kalau main ke Solo mampir sini, atau saya anterin..


You Might Also Like

2 Komentar